Thursday, March 12, 2015

Posted by boy bolang herianto On 12:28 AM
Yuk Ngelamar Kerja Sebelum Wisuda
Buat rekan-rekan yang baru saja menghirup nafas lega  setelah skripsi dan sidang skripsi rampung, jangan buang waktu tentukan langkah selanjutnya; mau ngelamar kerja, wirausaha atau punya pilihan lain?…………(buat yang belum baca buku After Toga pastinya cuma dua pilihan kan?)
Penulis hanya akan membahas pilihan kamu yang berniat nyari kerja pada post berikut. Nah, siap-siap! Ikuti langkah pertama.
1.       Acuhkan wisuda dan ijazah
Wohoo! Bukan berarti kita engga kudu ikut wisuda ya! Apalagi engga ngambil ijazah. Maksudnya kita tak perlu berpatok pada sudah atau belum ikut wisuda dan sudah apa belum pegang  ijazah kalau mau Melamar Kerja. Kalau diibaratkan sebenarnya sidang skripsi dan pengumuman bahwa kita lulus itu adalah sirine panjang yang menandakan pintu gerbang untuk masuk ke “Dunia Kerja” sudah dibuka. Tinggal siapa yang mau mulai dahulu atau mau berleha-leha dulu sambil nunggu wisuda dan pegang ijazah…….baru Melamar Kerja.  Ini pilihan.

                Lalu apa pengganti ijazah? Kan kebanyakan kampus menerapkan aturan yang namanya ijazah bisa diambil setelah wisuda!. Ijazah bisa-untuk sementara-kita gantikan dengan Surat Keterangan Lulus……biasanya yang ngeluarin dari Fakultas.

                Surat keterangan lulus dari dekan?.....ya, surat ini lumayan sakti banyak perusahaan yang mau mentoleransi pelamar yang ngelamar pakai SKL ini, tapi ada beberapa juga yang tidak menerima pelamar pakai surat sederhana ini terutama kalau kita ngelamar CPNS.

                Nanti kalau kita sudah dapat panggilan, biasanya pihak HRD akan menanyakan kenapa baru mengirimkan Surat Keterangan Lulus ? jawabannya gampang, pihak universitas belum mengeluarkan. Kapan dikeluarkan? Secepatnya. Biasanya selang beberapa hari usai wisuda.

 2.       Siapkan lamaran
Nah, kalau sudah percaya diri Melamar Kerja walau belum pegang ijazah, baru siapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk Melamar kerja. Apa saja, seperti apa, bagaimana menyusunnya. Baca postingan “perangkat perang para pencari kerja” atau baca buku After Toga.

3.       Cari Lowongan
Nah kamu sudah percaya diri mau Melamar Kerja, sudah menyiapkan berkas-berkasnya, maka tinggal langkah selanjutnya yakni Mencari Informasi Lowongan Kerja atau dibalik juga bisa, Cari Informasi baru siapkan berkas Lamaran Kerja. Pertanyaannya gimana mencari informasi lowongan kerja………silahkan baca postingan “Mencari Sinyal Lowongan Kerja” atau baca buku After Toga

4.       Lamarlah Segera
Sudah Pede, berkas siap, lowongan ada………tunggu apa lagi lamarlah segera!. Lalu muncul satu pertanyaan lagi, Gimana caranya, dimana saja bisa dilakukan, apa saja yang harus disiapkan? Dan pertanyaan lain……..lagi-lagi baca postingan berikutnya “Teknologi Modern suka Lamaran yang biasa atau On Line?” atau baca buku After Toga.
5.       Tunggu jawaban sembari menunggu wisuda dan ijazah.
Ini tahapan yang paling enak, tapi tak perlu dilakukan karena menurut penulis, selagi masih ada waktu luang sembari menunggu wisuda dan mendapat Ijazah ada baiknya manfaatkan seoptimal mungkin.
Gampang ya? Gampang buat yang tahu kalau ngelamar kerja engga harus nunggu wisuda dan dapat ijazah. Ragu? Pastinya buat kamu yang belum tahu.
Penulis sendiri, selang beberapa hari sidang skripsi………..bermodal surat keterangan lulus & deretan angka nilai akademik di lembar yang satunya……langsung beraksi……..kirim lamaran kesana kemari………beberapa hari berikutnya ada panggilan kerja………beberapa hari berikutnya setelah beberapa rangkaian tahapan memasuki dunia kerja…………..penulis berstatus karyawan sebuah perusahaan distributor yang lumayan gedenya………
Kalau yang tahu pasti jawab…….oh iya…..emang bisa
Nah! Tulisan ini buat yang ga tahu…………..
 Testimoni
“Sip! Tulisan yang ringan, sederhana dan renyah. Saya sudah coba. Sekarang sambil menunggu wisuda dan dapat ijazah, saya sudah merasakan gaji pertama saya. Thanks!”

Ridwan Muhamad

4 comments:

  1. mantab gan

    masuk akal dan sangat manjur tuhh

    saya jg sdh mbuktikan

    ReplyDelete
  2. mau tanya.. kalau surat keterangan lulus dan transkrip sementara alias keterangan hasil studi perlu dilegalisir nggak sih sebenernya? trims. kalau berkenan balas via email ke saya larassuper@gmail.com :)

    ReplyDelete
  3. terima kasih Kak atas infonya sangat bermanfaat sekali untuk mengisi aktivitas kita di jeda menunggu wisuda. Dari pertanyaan Larasari Putri, apakah surat keterangan lulus dan transkrip sementara alias keterangan hasil studi perlu dilegalisir atau tidak ya ?
    terima kasih. Mohon balasannya.

    ReplyDelete