Thursday, March 12, 2015

Posted by boy bolang herianto On 12:28 AM
Yuk Ngelamar Kerja Sebelum Wisuda
Buat rekan-rekan yang baru saja menghirup nafas lega  setelah skripsi dan sidang skripsi rampung, jangan buang waktu tentukan langkah selanjutnya; mau ngelamar kerja, wirausaha atau punya pilihan lain?…………(buat yang belum baca buku After Toga pastinya cuma dua pilihan kan?)
Penulis hanya akan membahas pilihan kamu yang berniat nyari kerja pada post berikut. Nah, siap-siap! Ikuti langkah pertama.
1.       Acuhkan wisuda dan ijazah
Wohoo! Bukan berarti kita engga kudu ikut wisuda ya! Apalagi engga ngambil ijazah. Maksudnya kita tak perlu berpatok pada sudah atau belum ikut wisuda dan sudah apa belum pegang  ijazah kalau mau Melamar Kerja. Kalau diibaratkan sebenarnya sidang skripsi dan pengumuman bahwa kita lulus itu adalah sirine panjang yang menandakan pintu gerbang untuk masuk ke “Dunia Kerja” sudah dibuka. Tinggal siapa yang mau mulai dahulu atau mau berleha-leha dulu sambil nunggu wisuda dan pegang ijazah…….baru Melamar Kerja.  Ini pilihan.

                Lalu apa pengganti ijazah? Kan kebanyakan kampus menerapkan aturan yang namanya ijazah bisa diambil setelah wisuda!. Ijazah bisa-untuk sementara-kita gantikan dengan Surat Keterangan Lulus……biasanya yang ngeluarin dari Fakultas.

                Surat keterangan lulus dari dekan?.....ya, surat ini lumayan sakti banyak perusahaan yang mau mentoleransi pelamar yang ngelamar pakai SKL ini, tapi ada beberapa juga yang tidak menerima pelamar pakai surat sederhana ini terutama kalau kita ngelamar CPNS.

                Nanti kalau kita sudah dapat panggilan, biasanya pihak HRD akan menanyakan kenapa baru mengirimkan Surat Keterangan Lulus ? jawabannya gampang, pihak universitas belum mengeluarkan. Kapan dikeluarkan? Secepatnya. Biasanya selang beberapa hari usai wisuda.

 2.       Siapkan lamaran
Nah, kalau sudah percaya diri Melamar Kerja walau belum pegang ijazah, baru siapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk Melamar kerja. Apa saja, seperti apa, bagaimana menyusunnya. Baca postingan “perangkat perang para pencari kerja” atau baca buku After Toga.

3.       Cari Lowongan
Nah kamu sudah percaya diri mau Melamar Kerja, sudah menyiapkan berkas-berkasnya, maka tinggal langkah selanjutnya yakni Mencari Informasi Lowongan Kerja atau dibalik juga bisa, Cari Informasi baru siapkan berkas Lamaran Kerja. Pertanyaannya gimana mencari informasi lowongan kerja………silahkan baca postingan “Mencari Sinyal Lowongan Kerja” atau baca buku After Toga

4.       Lamarlah Segera
Sudah Pede, berkas siap, lowongan ada………tunggu apa lagi lamarlah segera!. Lalu muncul satu pertanyaan lagi, Gimana caranya, dimana saja bisa dilakukan, apa saja yang harus disiapkan? Dan pertanyaan lain……..lagi-lagi baca postingan berikutnya “Teknologi Modern suka Lamaran yang biasa atau On Line?” atau baca buku After Toga.
5.       Tunggu jawaban sembari menunggu wisuda dan ijazah.
Ini tahapan yang paling enak, tapi tak perlu dilakukan karena menurut penulis, selagi masih ada waktu luang sembari menunggu wisuda dan mendapat Ijazah ada baiknya manfaatkan seoptimal mungkin.
Gampang ya? Gampang buat yang tahu kalau ngelamar kerja engga harus nunggu wisuda dan dapat ijazah. Ragu? Pastinya buat kamu yang belum tahu.
Penulis sendiri, selang beberapa hari sidang skripsi………..bermodal surat keterangan lulus & deretan angka nilai akademik di lembar yang satunya……langsung beraksi……..kirim lamaran kesana kemari………beberapa hari berikutnya ada panggilan kerja………beberapa hari berikutnya setelah beberapa rangkaian tahapan memasuki dunia kerja…………..penulis berstatus karyawan sebuah perusahaan distributor yang lumayan gedenya………
Kalau yang tahu pasti jawab…….oh iya…..emang bisa
Nah! Tulisan ini buat yang ga tahu…………..
 Testimoni
“Sip! Tulisan yang ringan, sederhana dan renyah. Saya sudah coba. Sekarang sambil menunggu wisuda dan dapat ijazah, saya sudah merasakan gaji pertama saya. Thanks!”

Ridwan Muhamad

7 comments:

  1. mantab gan

    masuk akal dan sangat manjur tuhh

    saya jg sdh mbuktikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. KISAH SUKSES SAYA JADI TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS. AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku deputi Bidang penempatan BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
      Lewat akun ini saya ingin berbagi cerita,
      kisah cerita saya awal jadi TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
      kisah cerita saya awal jadi TKI

      Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi Beliau.
      KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM.
      Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1.
      Pada pertengahan tahun 2016 saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah KPL DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
      Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya'pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang.
      Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam'nya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri.
      Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga.
      MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG.
      Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk deputi Bidang pempatan BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO ini No Contak HP pribadi Beliau: 0823-5240-6469 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

      Delete
  2. mau tanya.. kalau surat keterangan lulus dan transkrip sementara alias keterangan hasil studi perlu dilegalisir nggak sih sebenernya? trims. kalau berkenan balas via email ke saya larassuper@gmail.com :)

    ReplyDelete
  3. terima kasih Kak atas infonya sangat bermanfaat sekali untuk mengisi aktivitas kita di jeda menunggu wisuda. Dari pertanyaan Larasari Putri, apakah surat keterangan lulus dan transkrip sementara alias keterangan hasil studi perlu dilegalisir atau tidak ya ?
    terima kasih. Mohon balasannya.

    ReplyDelete
  4. Informasi yang sangat memotivasi. Matur nuwun

    ReplyDelete
  5. CARA SUKSES NGURUS IJAZAH Assalamualaikum saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah ijazah saya yang kemarin mulai dari SD sampai SMA saya hangus terbakar, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi beliau punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke email kami.
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Semua data di email ke: ptanugrahijazah@gmail.com
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 1.500.000
    • SMA = Rp. 2.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete