Friday, March 13, 2015

Posted by boy bolang herianto On 7:20 AM



Ada dua macam surat lamaran kerja, lamaran manual-berkas dalam amplop- dan lamaran elektronik-internet. Keduanya harus kamu pahami betul agar lamaran kamu terlihat elegan, rapih & professional, ini juga turut menunjukan betapa kamu adalah sarjana yang memang benar-benar sudah siap kerja.
a.       Membuat surat lamaran
Sepertinya kita semua sudah tahu betul bagaimana caranya membuat surat lamaran, akan tetapi ada baiknya bila sedikit kita paparkan beberapa uraian setidaknya dapat menguatkan kembali pengetahuan anda dan juga sebagai tambahan wawasan.
Lamaran kerja point dasarnya terdiri dari surat lamaran yang memuat keinginan kita mengajukan diri sebagai calon pegawai dan Curriculum Vitae (CV) yang disertai pula data penunjang diri.
Surat lamar dan Curriculum Vitae biasanya disatukan dengan data berkas lamaran berupa bentuk copy (bukan legalisir), namun bila memang perusahaan tempat kita melamar mengharuskan, tentu saja harus kita penuhi, berkas yang dilegalisir bisa kita lengkapi pada saat ada panggilan kerja.
Surat lamaran umumnya berbentuk ketikan komputer, tapi bisa saja perusahaan meminta anda membuat surat lamaran berbentuk tulisan tangan, namun dewasa ini jarang sekali terjadi, untuk lamaran PNS tulisan tangan umumnya dilakukan.
·         buatlah surat lamaran dan  curriculum vitae dengan format ringkas tapi padat, tidak perlu bertele-tele menjelaskan ini itu yang kiranya tidak diperlukan, gaya bahasanyapun tidak perlu yang indah-indah.
·          Surat lamaran dapat dibuat dalam bahasa Indonesia, bila dirasa perlu ada baiknya dibuat dalam bahasa inggris, apalagi bila perusahaan tempat kita melamar mengharuskan lamaran dibuat dengan menggunakan bahasa inggris.
·         Isi surat tidak perlu terlalu menggambarkan sikap yang berlebihan apalagi memberi kesan sombong, serta terlalu membanggakan diri, baik prestasi atau penghargaan ini itu. Realistis saja, buat apa yang kita rasa perlu kita tekankan bukan dibesar-besarkan apalagi mengada-ada.
·         Tidak perlu memberi kesan anda sangat-sangat membutuhkan pekerjaan yang anda lamar apalagi memberikan sikap memelas-mengemis, semisal ada kalimat dalam surat kita “saya sangat memohon kiranya saya dapat diterima. normal saja. Kita dan perusahaan pencari tenaga kerja adalah lingkaran simbiosis mutualisme berformat profesional. Saling membutuhkan.
·         Sesuaikan curriculum Vitae dengan ekspektasi perusahaan, bila perlu rajinlah memodifikasi curriculum vitae dan sesuaikan dengan ekspektasi perusahaan.
·         Untuk pembuatan curriculum vitae atau riwayat diri  ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
o   Buatlah CV yang ringkas, padat berisi, tepat sasaran dan memiliki gambaran kuat. Curriculum Vitae bukanlah layaknya jurnal ilmiah yang harus panjang lebar kita jabarkan.
o   Cermati point-point yang disyaratkan perusahaan, seperti kemampuan bahasa inggris, komputer, pengalaman organisasi,
o   Isi dari curriculum vitae umumnya adalah beberapa point yang akan ditanyakan dalam wawancara/interview.
o   Gunakan huruf standar atau mudah dibaca, tidak perlu terlalu dibuat dengan pola seni yang berlebihan.
o   Foto tampak depan, jangan yang miring, apalagi membelakangi.
Referensi, jika anda memiliki orang yang mereferensikan anda dalam pekerjaan yang anda lamar, ada baiknya nama orang itu dicantumkan.

0 comments:

Post a Comment