Monday, March 16, 2015

Posted by boy bolang herianto On 11:43 PM
Fragmen buku After Toga
·         Semula tulisan After Toga dirancang untuk memenuhi kebutuhan materi training pada wisudawan Untirta tahun 2015 namun pada saat penyusunan, penulis dan tim mendapatkan kendala untuk mengumpulkan konten yang terkait dan mengena pada peserta training yakni Para Sarjana Fresh Graduate. Dimana para generasi muda yang masih segar bugar seperti mereka tentunya membutuhkan sesuatu yang harus terkait langsung dengan kebutuhan mereka yakni Mencari kerja. Melalui buku, blog, website dan diskusi. Maka disusunlah konsep yang akan menjadi pokok pada materi training tersebut diantaranya:
1.       Mengakses Informasi Lowongan Kerja

2.       Menyusun Surat Lamaran & CV
3.       Tips Menghadapi Interview Kerja
4.       Tips Melamar kerja Online
5.       Tips Menghadapi Test Akademik
6.       Tips Menghadapi psikotes
7.       Latihan test Kerja
8.       Dan lainnya
Namun pada satu diskusi dengan tim, kami menemukan kendala, yakni dari beberapa materi yang telah disusun ternyata membutuhkan waktu yang cukup panjang kalu dikumpulkan, kalau kami yang menyusun saja membutuhkan waktu panjang lalu bagaimana dengan peserta yang nantinya akan mempraktekan? Pastinya mereka membutuhkan waktu yang lebih panjang lagi, kalau kami membutuhkan waktu hingga satu hari penuh untuk menyusun materi, tentunya bila ada sarjana yang ingin melamar kerja tentunya membutuhkan waktu lebih dari itu.
Setelah kami cermati, penyebabnya adalah semua materi-materi itu terpecah-pecah, ada di buku, ada di blog atau website, lalu kami berpikir untuk mencari cara agar materi-materi tersebut tersusun menjadi satu bagian. Akhirnya kami sepakat untuk menyusun modul.
Modulpun tersusun akan tetapi penulis dan tim merasa ada satu ganjalan lagi. Benarkah semua sarjana fresh graduate itu akan Mencari Kerja atau akan menjadi Karyawan? Bagaimana dengan tujuan lain?
Langkah berikutnya diambil, penulis akhirnya menyempurnakan modul sebelum dicetak-waktu tinggal beberapa hari lagi-dan disusunlah modul untuk training wisudawan, kini tidak lagi terlalu terfokus pada pembahasan Menjadi Karyawan atau Mencari Kerja akan tetapi lebih luas lagi para Sarjana Fresh Graduate itu minimal punya empat tujuan, empat etape yang akan mereka lalui selepas Toga Tersemat di kepala. What next….after toga?
# Bekerja/Menjadi Karyawan
# Berwirausaha
# Mengembangkan Talenta
# Melanjutkan Pendidikan
Modul selesai, training dengan empat materi utamapun dilaksanakan.
Usai pelaksanaan training penulis dan tim akhirnya memutuskan menindaklanjuti lebih jauh, Modul-tulisan dan konsep training kami kaji kembali. Lalu tercetuslah Gerakan After Toga……….yang kami bagi menjadi empat Fragmen:
# Buku. semula modul biasa menjadi  buku After Toga
# Training. semula training Knowledge Profesi menjadi  Training Orientasi Profesi
# Aplikasi- Lamaran Kerja
# E Book- Tulisan Berisi Empat Etape tujuan Sarjana fresh graduate
Selesainya rancangan ini tidak hanya untuk para Sarjana Fresh Graduate, kini juga bisa digunakan untuk kalangan Pelajar dan Mahasiswa.
Kami akan terus berupaya menyempurnakan baik konsep tulisan buku, blog, konsept training, penyusunan E-Book atau aplikasi.
Harapan kami ini adalah langkah awal sebagai upaya memberi manfaat kepada rekan-rekan kita para generasi bangsa-Sarjana Fresh Graduate, pemuda, pelajar dan mahasiswa-di seluruh bagian Indonesia, sekolah-sekolah dan kampus-kampus atau bentuk lain.
Kami sangat mengharapkan saran dan kritik. Klik media pembelajaran kami
facebook: after toga
087771210905/08567311260
Penulis Wawan Herianto


0 comments:

Post a Comment